Tahukah Anda apa itu cruise control? Cruise control adalah settingan di bawah setir mobil untuk mengatur kecepatan laju sebuah mobil dan mempertahankan pada kecepatan tersebut. Dengan mengaturnya, Anda tidak perlu berulang-ulang repot memedal gas.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak ditemui mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi fitur cruise control.

Bagi Anda driver yang belum biasa menggunakannya, sebaiknya pahami dulu apa itu cruise control, bagaimana cara menggunakannya, dan apa fungsi dari fitur sebuah mobil tersebut.

Awal Mula Terciptanya Cruise Control

Teknologi cruise control ternyata sudah sangat lama ditemukan. Siapa sangka penemu fitur otomatis pada mobil ini adalah seorang tunanetra. Penemunya bernama Ralph Teetor asal Amerika. Inspirasinya muncul karena dia tidak bisa menyetir mobil akibat keterbatasan fisik yang dialami.

Awalnya, ia jengkel dengan pengacaranya yang sering lambat saat menyetir mobil saat sedang mengantarkannya kemanapun ia pergi. Teetor akhirnya mencoba untuk menciptakan teknologi apa yang bisa berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil menjadi stabil, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan, untuk pertama kalinya, Ralph Teetor mematenkan perangkat cruise control yang sudah dirancang olehnya pada tahun 1948. Sekitar satu dekade kemudian, perangkat tersebut disempurnakan dan dipasang pada mobil-mobil komersial.

Mobil pertama yang memakai fitur cruise control ini adalah model 1958. Kemudian, beberapa tahun ke belakang sudah banyak dijumpai produsen mobil mewah dan terbaru yang melengkapi kebutuhan mobil dengan fitur otomatis yang sangat menguntungkan ini.

Manfaat Cruise Control Dalam Sebuah Mobil

Cruise control adalah fitur teknologi pada mobil untuk mengatur kecepatan mobil secara konstan. Fitur ini mempunyai sebutan lain seperti speed control, autocruise, active cruise control, intelligent cruise control, dynamic radar cruise control, active cruise control, dan distronic plus.

Jika tombol cruise control sudah ditekan, maka fungsinya aka