Fungsi utama dongkrak mobil adalah mengangkat badan mobil, sehingga memudahkan untuk melakukan inspeksi pada bagian kolong kendaraan tersebut. Dongkrak mobil juga memiliki fungsi dan jenis yang bervariasi. Ini penjelasannya.

Fungsi Dongkrak Pada Mobil

Fungsi utama dongkrak adalah membantu mengganti ban mobil yang bocor atau kempes. Namun, fungsi dongkrak tidak hanya berhenti disana, dongkrak juga sangat membantu dalam proses pengecekan mesin di bagian bawah mobil.

Contohnya adalah dapat membantu dalam memasang jack stand, supaya pemasangan catalytic converter lebih mudah. Selain itu, dongkrak juga membantu untuk memperbaiki sistem pengereman dan pemeriksaannya.

Jenis Dongkrak Menurut Sistem Gaya

Dongkrak, berdasarkan sistem gaya, terbagi menjadi dua yaitu dongkrak mekanik dan hidrolik. Dua jenis ini merupakan inti dari sistem kerja dongkrak. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

  1. Dongkrak Mekanik

Dongkrak mekanik, adalah dongkrak yang bertumpu pada roda gigi serta batang. Gaya pada dongkrak ini berpusat pada roda gigi, yang kemudian akan meneruskan dan memperbesar gaya ke bagian batang.

Cara kerjanya, roda gigi ini diputar, kemudian gaya tekan pada bagian tersebut sampai ke batang. Bagian batang mengubah gaya tekan menjadi daya angkat.

  1. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik sistem tumpunya terdapat pada cairan fluida, yang berfungsi untuk memberi daya tekan sehingga menghasilkan gaya angkat. Dongkrak jenis ini biasanya berbentuk seperti mulut buaya, dengan tingkat kepraktisan yang tinggi.

Titik tumpu dongkrak ini berbentuk pipih dan memiliki roda kecil, sehingga memiliki ground clearance yang rendah, dan bisa menggunakan sistem hidrolik. Hal ini membuat sistem kerja dongkrak ini menjadi lebih mudah, dan gaya tekan yang kecil bisa menghasilkan gaya angkat yang besar.

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil dengan Benar

Secara teori, penggunaan dongkrak terlihat sangat mudah. Dongkrak hanya perlu diletakkan di bawah mobil kemudian dipompa atau diputar tuasnya. Namun, kenyataannya tidak semudah itu. Berikut ini ulasan cara mendongkrak dengan benar.

  1. Perhatikan Permukaan Parkir

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendongkrak mobil adalah memastikan mobil terparkir di tempat yang datar. Tempat datar akan lebih memudahkan penggunaan dongkrak. Terlebih lagi jika dongkrak digunakan di tengah perjalanan.

  1. Gunakan Rem Tangan

Supaya mobil tidak bergerak saat didongkrak, gunakan rem tangan. Jika memang diperlukan, bisa juga digunakan balok atau batu untuk mengganjal ban di setiap sisi agar tidak bergerak.

  1. Pilih Dongkrak

Pastikan dongkrak bekerja dengan baik, dan pilihlah dongkrak yang sesuai dengan badan mobil. Katakanlah contohnya seperti dongkrak botol yang cukup sulit digunakan untuk mendongkrak sedan atau mobil lainnya.

Untuk dongkrak buaya bisa digunakan dalam segala medan dan semua jenis mobil, namun bobotnya jauh lebih berat dan tidak praktis. Sebaliknya, untuk dongkrak gunting memang praktis, namun sedikit lebih sulit untuk digunakan.

  1. Pastikan Titik Tumpu

Selanjutnya, pastikan bahwa titik tumpu dongkrak sudah tepat. Titik tumpu dongkrak di mobil, biasanya terletak antara batang gardan di dekat suspensi, atau terletak bagian bawah badan mobil sebagai rangka utama.

  1. Baca Buku Panduan

Membaca buku panduan sangat penting agar dapat menggunakan dongkrak secara tepat. Selain itu, cara ini bisa digunakan untuk menghindari slip pada mobil ketika hendak di dongkrak.

  1. Jangan Mendongkrak Lebih dari 15 cm

Hal ini penting untuk diketahui. Jangan mendongkrak mobil lebih dari 15 centimeter. Sebab, mobil bisa bergerak serta tergelincir.

  1. Jangan Memasukkan Bagian Tubuh

Memasukkan bagian tubuh pada kolong mobil yang didongkrak sangat berbahaya. Terlebih mobil hanya menggunakan dongkrak mobil sebagai tumpuan utama. Jika harus masuk ke kolong mobil, pastikan menggunakan jack stand agar lebih aman.